17.6.10

Crafty Days #4: Play Your Magic Fingers: Berkreasi dengan Tangan!

Di publikasikan ulang dari: Pikiran Rakyat, Selasa, 2 Juni 2010


Apakah kamu percaya akan keajaiban? Kalau pernah membaca buku karya Roald Dahl yang judulnya The Magic Finger, tentu kamu ingat akan kekuatan yang dimiliki seorang cewek. Yeps, si cewek ini punya jari ajaib yang bisa mengubah apa pun di dekatnya menjadi sesuai dengan keinginan si cewek tersebut. Saat gurunya memarahi si cewek yang disebut ’aku’, si aku ini lantas mengacungkan jari ajaibnya, seketika, sang guru pun berubah menjadi kucing.

Nah, kalau kamu punya kekuatan untuk mengubah sesuatu menjadi apa yang kamu inginkan, kira-kira apa ya, yang akan kamu ubah? Di gelaran Crafty Days #4, Sabtu-Minggu (29-30) Mei lalu, belia ngelihat banyak orang yang punya kemampuan untuk mengubah sesuatu menjadi benda yang berguna dan punya nilai jual tinggi. Lewat tulisan ini, belia ingin kamu yang enggak sempat datang ke event yang digelar oleh Tobucil ini, punya sedikit gambaran atau malah dapetin inspirasi untuk mulai memakai jemarimu!

Pernah kepikiran, apa aja yang bisa kamu lakukan dengan jemarimu? Hal-hal positif macam menulis, menggambar, membuat komik, memasak, membuat benda-benda kerajinan, atau hal lainnya, tentu dilakukan dengan tangan kamu. So, enggak salah kalau tema crafty days tahun ini adalah play your magic fingers. Banyak betul yang bisa kamu kreasikan melalui jari-jari kamu, seperti yang dibikin oleh Mbak Claudine dan teman-temannya.

Di booth-nya Mbak Claudine ini, belia nemuin berbagai kertas dan buku kecil yang telah disulap menjadi scrap book. Ha! Sudah pada tau kan, apa itu scrapbook? Scrapbook adalah seni menempel foto pada kertas, kemudian menghiasnya menjadi karya kreatif. Kalau diliat dari asal katanya, scrap=barang bekas/sisa, berarti kamu bisa memanfaatkan semua barang-barang sisa yang masih kelihatan bagus untuk dipakai membuat scrapbook.

"Ada juga sih yang menjual kertas-kertas hias untuk membuat scrapbook, tetapi rata-rata kertas tersebut masih termasuk barang impor, jadi harganya masih mahal," kata Mbak Claudine. Meskipun harganya rada mahal, biasanya satu lembar kertas hias khusus scrapbook itu bisa dipakai berkali-kali, enggak hanya satu kali pakai. "Kalau ngerasa sayang untuk beli kertas khusus scrapbook, bisa juga pakai kertas-kertas bekas, seperti bekas bungkus kado atau bekas brosur, flyers, bahkan majalah bekas yang lucu-lucu," ujarnya. Dengan sedikit usaha, kertas-kertas bekas itu bisa kamu sulap menjadi scrapbook yang keren.

Nah, di sinilah peran magic fingers kamu dan teman-teman kamu. Soalnya, Mbak Claudine juga menyarankan, supaya biaya produksi si scrapbook ini jatuhnya menjadi murah, kamu bisa menyiasatinya dengan mengerjakan bareng dengan temen-temen segeng atau malah sekelas! "Ini bisa jadi album foto yang bisa dikerjain bareng. Mumpung lagi liburan nih atau malah mau bikin scrapbook yang isinya foto tentang liburan bareng temen atau keluarga, bisa banget," katanya.

Emang sih, di Crafty Days kemarin, belia sempat melihat scrapbook yang udah jadi, kamu tinggal beli albumnya, dan menempel foto-foto milik kamu, tetapi bukankah nilainya akan bertambah jika kamu membuat scrapbooknya sendiri? Selain pasti lebih murah, mungkin kamu sudah membantu mengurangi sampah, bahkan mendaur ulangnya menjadi benda yang lebih bermanfaat. "Sejak keranjingan membuat scrapbook ini, saya jadi suka mengumpulkan sampah-sampah," katanya.

Selain scrapbook, yang menurut belia masih bisa kamu lakukan di rumah adalah membuat notebook! Kalau bosan dengan buku tulis untuk mencatat pelajaran, kamu bisa memakai notebook sebagai penggantinya. Di Crafty Days ini, ada notebook bikinannya Tarlen yang semuanya lucu-lucu! Dan, menurut Tarlen sih, notebooknya ini merupakan hasil karya tangannya sendiri. Tinggal pilah pilih bahan yang akan kamu pakai, motif kertasnya, notebook custom ala kamu pun jadi.

Bingung gimana cara membuat sebuah notebook? Ah, kalau kamu masih ingat, belia pernah ngasih tau langkah-langkah membuat notebook sederhana. Atau, kalau malas membongkar koleksi belia kamu, boleh juga klik ke http://bit.ly/bv3Fds atau ke http://www.cat-sidh.net/Tutorials/Binding.html.
"Harganya emang rada mahal kalo dibandingin dengan beli di toko stationery. Tetapi saya emang nyari yang beda aja, trus jauh lebih lucu notebook yang dijual di sini," ucap Tasya, cewek membeli beberapa notebook yang dijual di Crafty Days.

Scrapbook, notebook, hmm, apalagi ya yang kira-kira bisa kamu kerjakan di waktu luang atau liburan kamu? Ya, kamu bisa belajar merajut, membuat bros, korsase, bahkan memasak! Ini semua dilakukan oleh tangan dan jari kamu, kan? Merajut memang dibutuhkan keahlian khusus, tetapi bisa kamu pelajari. Di Tobucil ini, ada kok, kelas khusus untuk merajut untuk pemula. Siapa tau, kamu bisa jadi seperti Anne, yang menjual barang-barang hasil rajutannya, seperti korsase, bros, kalung, sampai baju, topi, dan syal -- tiga barang khas rajutan.

"Kegiatan ini tuh asalnya hanya untuk mengisi waktu luang, tetapi akhirnya malah keterusan. Soalnya bisa juga menghasilkan," kata Anne yang dibantu oleh teman-temannya dalam mengelola bisnis kecil mereka. Meski banyak yang masih merasa barang rajutan itu tergolong vintage, kalau kamu pintar dalam memilih desain dan warna, tentunya kesan vintage or kuno bisa dihilangkan. Lalu, ada beragam aksesori yang bisa kamu buat juga dengan tangan kamu! Gelang, kalung, dompet-dompet kecil, sampai boneka mini yang berasal dari kain flanel pun bisa jadi pilihan.

Banyak sekali yang bisa kamu kerjakan dengan si magic fingers. Tinggal bagaimana kamu memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar dengan minat atau kesukaan kamu. Selain bisa memanfaatkan waktu senggang, barang-barang bekas, kamu juga bisa dapetin uang, kalau produk handmade kamu disukai banyak orang. Seperti yang dibilang sama Arin, salah seorang pengisi booth Crafty Days. "Barang handmade lebih mahal karena dalam pengerjaannya pun lebih membutuhkan effort. Lalu, biasanya desainnya pun enggak banyak, bahkan ada yang hanya satu desain aja tiap barang," ucapnya.

Nah, tunggu apa lagi? mumpung sebentar lagi liburan, enggak ada salahnya mulai dari sekarang kamu mengumpulkan ide dan bahan-bahan untuk membuat sendiri kreasimu. Siapa tau, liburan nanti, kamu bisa jadi wirausahawan dengan barang-barang buatanmu! Ayo, play your magic fingers! ***
tisha_belia@yahoo.com
Penulis:

2 komentar:

Nirmana mengatakan...

jari2 tangan memang ajaib, bukankah banyak orang percaya nasib kita telah terpatri di guratan2 jari tangan. nice post!

ps: saya ngajakin kolaborasi posting, jika sempat berpartisipasi yaa..? (reduksi sosialitas)

http://titimatra.blogspot.com/2010/06/keusilan-atau-reduksi-sosialitas-nih.html

Saga Amelia mengatakan...

kalau mau ikutan crafty Days, gimana caranya..? :'(

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails